You are currently viewing Menikmati Wisata Bawah Air Umbul Ponggok Klaten

Menikmati Wisata Bawah Air Umbul Ponggok Klaten

Wisata Bawah Air Umbul Ponggok – Kini tempat wisata Instagramable tidak hanya sebatas objek wisata darat saja, tetapi juga wisata bawah laut. Saat berlibur di Kabupaten Klaten, wisatawan dapat mengunjungi Umbul Ponggok yang dipromosi oleh Presiden Joko Widowo pada tahun 2018. Umbul Ponggok menawarkan wisatawan berbagai kegiatan termasuk berfoto dengan ikan dan beberapa tempat menarik.

Resor ini sangat berbeda dari kebanyakan kolam renang. Airnya langsung dari sumbernya. Di dasar kolam juga terdapat pasir, karang dan berbagai ikan. Meski penuh dengan ikan, namun air di Umbul Ponggok tidak amis karena airnya mengalir. Wisatawan yang memasuki kolam renang dapat menemukan beberapa spot foto yang menarik.

Pengelola telah menempatkan beberapa benda unik di kolam renang, seperti mesin C70 klasik, sepeda, meja makan, kursi santai, televisi, dan laptop. Barang bisa disewa untuk pemotretan. 

Salah satu spot foto yang sering disukai wisatawan adalah kursi bergaya taman yang dipenuhi hiasan bunga berbentuk hati. Bisa menyelam bersama ikan Selain bisa berfoto bersama ikan dan beberapa properti yang ditawarkan, wisatawan juga bisa snorkeling dan menyelam di Umbul Ponggok. 

Wisatawan tidak perlu khawatir jika tidak memiliki peralatan menyelam. Sebab, menurut situs resminya, tempat wisata tersebut menyewakan beberapa peralatan. Untuk snorkeling, pengunjung bisa menyewa pelampung, kaki katak dan masker khusus untuk snorkeling.

Wisata Bawah Air Umbul Ponggok

Jika ingin diving, Anda bisa menyewa tabung oksigen, kaki katak, pakaian selam, dan kacamata. Saat menyelam, wisatawan akan melihat berbagai ikan berenang antara lain ikan mas, pom pom, koi dan ikan hias lainnya.

Harga Tiket Umbul Ponggok Umbul Ponggok terletak di Jalan Delanggu-Polanharjo, Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. 

wisata air umbul ponggok

Biaya masuknya Rp 15.000 per orang untuk hari biasa dan hari libur. Namun, harga tersebut belum termasuk kamera bawah air, perlengkapan snorkeling dan paket menyelam. 

Untuk menuju kesana, wisatawan dapat memulai perjalanan dari Alun-alun Klaten ke Alun-alun Mayungan. Dari sana, wisatawan hanya perlu berjalan lurus di jalan utama sebelum sampai di pertigaan besar dan berbelok ke kanan lalu ke kiri.

Kemudian wisatawan tinggal berjalan lurus menyusuri sungai, Lapangan Desa Kadirejo, hingga pertigaan besar Puskesmas Karanganom lalu belok kiri dan kanan. 

Wisatawan hanya perlu berjalan terlebih dahulu dan mengikuti jalur utama hingga melewati Kantor Desa Gledeg dan Pasar Jeblog sebelum akhirnya tiba di tempat wisata. Jarak dari Alun-alun Klaten ke Umbul Ponggok adalah 12,5 km dengan waktu tempuh sekitar 30 menit dengan mobil.

Tinggalkan Balasan