You are currently viewing Tips untuk Anda yang ingin Berlibur ke Luar Negeri 

Tips untuk Anda yang ingin Berlibur ke Luar Negeri 

Tips Berlibur ke Luar Negeri – Berlibur memang menjadi momen yang ditunggu hampir setiap orang, terutama bagi mereka yang suka traveling atau pun mengisi liburan ke tempat tempat wisata favorit untuk Keluarga.

Faktanya berlibur dapat membantu menghilangkan stress karena kesibukan bekerja atau rutinitas lainnya. 

Berlibur yang menyenangkan biasanya mengunjungi tempat wisata yang memiliki fasilitas yang lengkap seperti wahana yang ramah anak, terdapat spot untuk berfoto, area parkir yang luas, pemandangan yang indah dan menarik, ada mushola, toilet dan lain lain.

Tapi apakah anda berencana berlibur ke luar negeri untuk mengunjungi tempat wisata favorit seperti Tokyo di Jepang, Seoul di Korea Selatan, Menara Eiffel di Perancis, Bangkok di Thailand dan masih banyak lagi.

Transportasi yang digunakan pun berbeda dengan berlibur ke luar negeri. Di Indonesia anda dapat menggunakan kereta, mobil pribadi, sewa elf bandung, Bus dan pesawat terbang.

Namun bila ke luar negeri anda hanya menggunakan pesawat terbang agar lebih cepat sampai ke negara tujuan.

Tentunya berlibur ke luar negeri tidak semudah jika kita berlibur ke tempat wisata di Indonesia dalam negeri. Masalah bahasa, budaya, keamanan dan persiapan pasti akan menjadi pertimbangan.

Untuk itu berikut akan dijelaskan beberapa tips berlibur ke luar negeri khususnya bagi pemula :

berlibur ke luar negeri

1. Membuat Paspor

Paspor ialah poin utama yang perlu anda urus secepatnya. Bisa dibilang paspor ini semacam kunci kemana saja yang dapat membawamu ke beberapa negara yang belum pernah anda datangi. Paspor sangat diperlukan mulai dari membeli tiket sampai nanti cek in di hotel.

Saat ini tidak sulit membuat paspor, anda langsung bisa mendaftarkan online dan isi beberapa data yang dibutuhkan sebelumnya.

Tetapi perlu diingat untuk mempersiapkan dokumen pendukung seperti ijazah terakhir, kartu keluarga, akta lahir, KTP, dan persyartan yang lain. Oh iya jika benar-benar memungkinkannya kamu dapat memilih E-Passport yang akan memberikanmu banyak kemudahan.

2. Mengurus Visa

Jika telah mempunyai paspor, buatlah visa bila negara yang kamu tuju tidak bebas visa. Pembuatan visa memanglah cukup rumit, dimulai dari formulir online, terkadang melampirkan buku tabungan, sampai biayanya yang mahal.

Karena itu lebih baik  ke negara yang bebas visa (negara ASEAN atau Jepang dll), atau yang menerapkan Visa On Arrival (VOA) yang dapat diurus di imigrasi bandara negara tujuan.

berlibur ke luar negeri

3. Cari Tiket Promo

Ingin berlibur ke luar negeri tetapi hemat ? Anda tinggal mencari tiket promo saja. Biasanya, semakin jauh anda memesan, semakin murah harganya.

Umumnya, para pemburu tiket murah memesan tiket terbang mereka 6-12 bulan saat sebelum keberangkatan. Apa lagi jika ada maskapai penerbangan membuka rute baru. Promo pastinya berada di mana-mana.

4. Memesan Penginapan

Jangan lupa untuk memesan penginapan dari jauh jauh hari agar liburan anda semakin nyaman dan menyenangkan. Memilih penginapan juga dapat anda lakukan dengan budget terbatas.

5. Buat Itinerary Perjalanan Kamu

Agar liburan ke luar negeri anda tidak membosankan jangan lupa untuk membuat itinerary perjalanan secara mendetail seperti tujuan mau kemana saja, rute dan transportasi umum yang akan digunakan di negara tujuan. 

6. Bawa Baju Secukupnya

Bawalah baju secukupnya jangan terlalu banyak atau jangan juga terlalu sedikit yang penting rencana liburan anda berjalan dengan aman dan lancar. Dan jangan lupa juga untuk membawa obat obatan yang diperlukan selama liburan.

7. Tukarkan Uang

Hal ini penting juga untuk dilakukan sebelum anda berangkat ke luar negeri. Anda tidak ingin repot kan ketika sampai di negara tujuan harus repot mencari tempat penukaran uang.

Anda dapat menukarkan sebagian uang ke mata uang negara tujuan dan tetap membawa rupiah. Janganlah lupa untuk meminta pecahan uang kecil dan koin sebab ini akan berguna sekali. 

8. Bawa atau Sewa Wifi

Paket data smartphone mungkin dapat stabil sepanjang anda berada di dalam negeri. Tapi, bila sudah di luar negeri, anda hanya dapat mengandalkan jaringan roaming yang koneksinya tidak pasti bagus. 

Tidak heran, sekarang banyak travelers yang memakai modem portable dengan kecepatan tinggi. Sudah pasti tujuannya mendukung aktivitas dunia maya selama traveling.

Bila tidak punya, anda tinggal sewa di ada banyak outlet sewa modem Wi-Fi yang dapat dibawa keluar negeri. Umumnya ada pada pintu masuk keberangkatan di bandara.

Tinggalkan Balasan