Tiket Masuk Pantai Marunda – Pantai Marunda adalah salah satu pantai wisata di utara Jakarta. Menawarkan pemandangan laut Jakarta dan hutan bakau. Ini adalah pilihan yang sempurna untuk menghilangkan stres kehidupan kota besar.

Tidak seperti kebanyakan pantai di pesisir, tidak ada pasir.Garis pantai terdiri dari batu dan beton sebagai penahan erosi dan banjir rob. Selain itu di kawasan ini pengunjung biasanya melakukan berbagai aktivitas. Santai saja dan nikmati matahari terbenam.

Tiket masuk Pantai Marunda

Jalan-jalan ke Pantai Marunda tidak harus mahal. Karena tidak ada biaya untuk biaya masuk atau gratis. Wisatawan hanya perlu mengeluarkan uang untuk memarkir kendaraannya Rp 5.000,- 

Jam Buka

Kawasan Pantai Marunda buka setiap hari setiap hari. Memang belum ada implementasi operasional sehingga pengunjung bisa leluasa datang ke sini. Waktu yang paling ideal berkunjung kesini adalah antara jam 4 hingga 6 sore. Karena terhindar dari terik matahari sekaligus bisa menikmati matahari.

Wahana

Memang kawasan sekitar pantai ini bukanlah pantai terbaik. Tapi cukup bagus untuk menghilangkan stres dan depresi dari kesibukan sehari hari di kota metropolitan. Kawasannya masih sepi dan fasilitasnya memadai. Bagi yang ingin datang ke sini, berikut beberapa atraksi dan aktivitas yang bisa Anda lakukan.

Pantai Pagar Beton

Pantai Marunda berbeda dengan pantai lainnya karena tidak memiliki pantai berpasir. Ada tembok beton pengaman di sepanjang pantai. Tanggul dilengkapi dengan tetrapod yang berfungsi sebagai pemecah gelombang. Hal inilah yang membuat struktur pantai ini cukup kuat untuk mengurangi resiko abrasi.

Hutan Mangrove

Tidak jauh dari pantai terdapat hutan bakau. Hutan mangrove ini merupakan upaya peningkatan kualitas air dari limbah yang ada di sekitar pantai. Area ini adalah area yang sangat menarik. Sementara itu, lokasi hutan bakau bisa ditemui saat pengunjung berjalan ke arah timur menyusuri tanggul.

Kawasan hutan mangrove Pantai Marunda juga sering dijadikan tempat belajar. Selain itu, kawasan hutan ini bisa menjadi tempat berlindung dari teriknya matahari di pantai. Banyak juga wisatawan yang menjadikan Hutan Mangrove sebagai lokasi foto.

Menikmati Sunset di Pantai Marunda

Jangan ragu lagi, pantai sudah pasti menjadi tujuan yang tepat untuk menyaksikan matahari terbenam. Banyak juga pengunjung yang mengabadikan momen sunset dengan kamera handphone. Pemandangan laut saat matahari terbenam di sekitar pantai cukup eksotis.

Sambil menunggu sunset, pengunjung bisa bersantai di dermaga. Ada juga area khusus yang sering dijadikan tempat berenang atau mandi. Banyak aktivitas yang dapat dilakukan disini sambil menunggu matahari terbenam misalnya bersepeda. Kawasan sekitar pantai akan lebih ramai pada akhir pekan atau hari libur nasional.

Pemandangan kapal dan perahu nelayan

Dari pantai ini pengunjung dapat melihat dengan jelas aktivitas kapal besar dan kecil yang lalu lalang. Sebagian besar kapal tersebut memiliki rute menuju pelabuhan Tanjung Priok. Di pesisir pantai juga terdapat pangkalan perahu nelayan yang bersandar di laut. Sebagian besar nelayan yang tinggal di Marunda melaut pada siang atau malam hari.

Tempat Memancing

Banyak orang datang ke Pantai Marunda untuk memancing. Tempat mancing favoritnya biasanya di pantai atau jembatan bambu yang menjorok ke laut. Pengunjung hanya boleh membawa kail dan umpan sendiri serta ikan di sungai. Anda juga bisa memancing di tengah laut dengan menyewa perahu.

Bagi yang ingin memancing tapi tidak memiliki peralatannya, jangan khawatir. Karena ada jasa persewaan alat pancing di dekat pantai. Lokasi persisnya ada di Jalan Kp. Marunda Kepu Nr.rt 08/07. Penyewaan peralatan memancing buka sepanjang hari setiap hari Minggu dan Senin.

Sewa Perahu di Pantai Marunda

Masih di Jalan Kp. Marunda Kepu yang tidak jauh dari pantai ini memiliki base camp yang menyewakan perahu. Base camp juga menjadi tempat berkumpulnya para pemancing. Jika tidak suka memancing, pengunjung bisa menyewa perahu untuk berkeliling laut menyusuri pantai. Kegiatan ini merupakan hiburan bagi pengunjung.

Berbagai Makanan Ringan di Pantai

Pengunjung bisa menikmati kuliner di pinggir pantai sambil memandangi panorama laut. Karena banyak warung yang menawarkan berbagai menu. Mulai dari makanan ringan seperti mie hingga menu seafood seperti ikan bakar. Untuk minuman, wisatawan bisa membeli kopi panas, es teh dan minuman lainnya.

Dekat dengan masjid dan museum sejarah

Pantai Marunda dekat dengan tempat ibadah bernama Masjid Al Alam Marunda. Letaknya di pesisir pantai dan merupakan salah satu masjid tertua di Indonesia. Kemudian tempat wisata lain yang tak kalah menariknya adalah cagar budaya “Rumah Si Pitung”. Hanya 3 menit atau 650 meter dari pantai Marunda.

Akses ke Pantai Marunda

Di tempat parkir, wisatawan akan disambut dengan pemandangan kolam yang luas. Jika Anda melihat ke kiri dan ke kanan, semuanya adalah air kolam. Pengunjung dapat melihat kios-kios di tempat parkir.

Kemudian di sebelah kios terdapat pintu masuk menuju pantai. Akses ke pantai adalah melalui jembatan bambu di atas kolam. Jembatan bambu tersebut terlihat kokoh dan cukup besar.

Fasilitas

Memang tidak banyak fasilitas yang tersedia. Hanya tersedia toilet dan tempat parkir. Lalu ada masjid yang tidak jauh dari pantai.

Lokasi Pantai Marunda

Pantai ini terletak di Marunda, Cilincing, Jakarta Utara, DKI Jakarta. Mereka yang tidak memiliki mobil dapat melakukan perjalanan dengan transportasi umum. Dari Terminal Tanjung Priok, turun di depan Rusun Marunda dan jalan kaki menuju pantai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *