You are currently viewing Menjelajahi Museum Geologi Bandung

Menjelajahi Museum Geologi Bandung

Museum Geologi Bandung – Berkunjung ke tempat dimana kita bisa menjelajah waktu, Museum Geologi. Museum ini merupakan rekomendasi wisata edukasi di Bandung. 

Koleksi yang dimiliki museum ini memiliki nilai-nilai sejarah kehidupan serta pelestarian alam yang sangat mendidik. Tidak heran jika Museum ini sering kali dijadikan tujuan study tour sekolah-sekolah di Bandung, bahkan sekolah-sekolah yang ada di luar kota sekalipun. 

Sebelum masuk, kamu wajib membeli tiket di loket yang berada di sebelah kanan dekat pintu masuk. Untuk anak sekolah dan mahasiswa, tiket masuk sebesar Rp 2.000, untuk pengunjung umum sebesar Rp 3.000, dan untuk wisatawan asing dikenakan sebesar Rp 10.000. 

Dengan tiket masuk yang murah, kamu bisa mendapatkan banyak ilmu pengetahuan yang tersedia di dalam museum. Sebelum masuk ke museum, kamu harus memperlihatkan tiket kamu kepada satpam yang ada di ambang pintu, setelah itu baru kamu boleh diperbolehkan masuk. 

museum geologi bandung

Ketika memasuki gedung, kamu akan langsung disuguhkan oleh fosil gajah purba berukuran raksasa, terdapat tiga ruangan yang bisa kamu jelajahi.  Pertama adalah ruangan tengah yang menyajikan pelayanan museum dan pelayanan pendidikan dan penelitian, juga ada animasi kegiatan geologi dan kegiatan museum dalam layar lebar. 

Baca Juga : Dago Tea House Bandung

Kedua adalah ruangan barat. Disana kamu akan mendapati sebuah ruangan yang sedang menampilkan film dokumenter tentang sejarah penciptaan planet bumi, film dokumenter itu akan terus diulang-ulang sehingga kami tidak perlu khawatir akan ketinggalan atau diharuskan untuk menonton di jam tertentu.

museum geologi bandung

Di ruang barat, kamu akan menemukan pengetahuan mulai dari hipotesis terjadinya bumi, sistem tata surya, tatanan tektonik regional, maket pergerakan lempeng-lempeng aktif kulit bumi, berbagai jenis bebatuan, pertunjukkan keadaan gunung berapi aktif di Indonesia dan yang lainnya. 

Jika kamu selesai menyusuri ruangan barat, kamu harus menyusuri ruang timur yang tidak kalah asiknya. 

Untuk sampai di ruang timur, kamu bisa kembali ke ruang tengah dan mendapati ruangan sebelah kanan jika dilihat dari pintu masuk. Di ruang timur, kamu bisa melihat dan mempelajari sejarah tentang perkembangan dan pertumbuhan makhluk hidup dari masa primitif hingga masa modern. 

Kamu juga akan menemukan berbagai fosil dinosaurus Tyrannosaurus Rex atau yang sering disebut T-Rex, dan masih banyak berbagai macam fosil binatang purba lainnya. Ada juga sejarah pembentukan danau Bandung serta bagaimana proses pembentukkan fosil dan informasi yang menarik lainnya.

Setelah dari ruangan timur, kamu bisa melanjutkan perjalanan kamu untuk naik ke lantai 2. Ada 3 bagian ruangan yang bisa kamu telusuri, yaitu bagian tengah, timur, dan barat. 

Di bagian tengah, kamu akan mendapati maket tambang emas paling besar di dunia yang berlokasi di Irian Jaya, bebatuan asal Irian Jaya, miniatur pengeboran minyak bumi dan gas bumi. 

Lanjut ke ruangan timur, kamu akan mendapatkan informasi tentang berbagai sumber daya geologi dan informasi tentang terjadinya bencana alam. 

Ada juga alat peraga gempa yang tersedia di lantai dua ini, jika diperkenankan oleh petugas, kamu dapat menaiki alat peraga tersebut untuk dapat merasakan bagaimana keadaan ketika terjadinya gempa bumi.

Sementara ruangan barat merupakan ruangan khusus staf yang bekerja di museum Geologi Bandung. Nah itulah sekilas informasi tentang museum Geologi, jika kamu ingin mengetahui lebih lanjut, kamu dapat mengunjungi museum ini di Jalan Diponegoro Nomor 57, Bandung.

Tinggalkan Balasan