You are currently viewing Macam Macam Wahana di TMII yang Bisa Dikunjungi

Macam Macam Wahana di TMII yang Bisa Dikunjungi

Wahana di TMII – TMII sudah hampir setengah abad sejak era Presiden RI II. TMII tetap menjadi tujuan wisata favorit bagi wisatawan. Taman rekreasi ini tidak pernah sepi pengunjung, baik dari dalam kota maupun dari luar kota.

Penggemar TMII tidak hanya wisatawan lokal, tetapi juga wisatawan mancanegara dari berbagai usia. Bukan hanya tempat rekreasi, tetapi juga wahana edukasi tentang kekayaan alam dan budaya Indonesia.

Sesuai dengan namanya, TMII benar-benar menghadirkan Indonesia dalam bentuk mini. Di sini terdapat tempat wisata edukasi tentang seni, budaya, replika mini rumah adat, flora dan fauna.

Ada juga bangunan keagamaan, museum, teater, dan berbagai fasilitas rekreasi. Berkat kelengkapan jenis kendaraan tersebut, Taman Mini Indonesia Indah selalu dapat menarik pengunjung setiap harinya.

Ibu Tien Soeharto meresmikan Taman Mini Indonesia Indah pada tanggal 20 April 1975. Luasnya 150 hektar. Karena luasnya area, pengunjung tidak sempat mengunjungi setiap wahana TMII dalam satu hari.

Selain itu, penjelasan setiap detailnya pasti tidak cukup dalam satu artikel. Namun setidaknya bagi wisatawan yang baru berkunjung ke Taman Mini Indonesia Indah, ada lima tempat wisata yang tidak boleh dilewatkan. Seperti museum, wahana rekreasi, anjungan daerah, tempat ibadah dan taman rekreasi.

Biaya masuk ke Taman Mini Indonesia Indah

Tiket masuk Taman Mini Indonesia Indah TMII adalah Rp 25.000 per orang untuk masuk. Untuk harga lebih lengkap pada tabel dibawah ini.

Anak-anak berusia 3 tahun ke atas harus memiliki tiket masuk.

Informasi penting sebelum mengunjungi TMII:

Beli tiket mulai 16 November 2022 dan hanya melalui www.tamanmini.com.

Jam Buka TMII

Dibuka kembali secara terbatas mulai 20 November 2022.

Jam Masuk gerbang utama pukul 06:00 – 18:00 WIB

Taman mini buka dari pagi hingga sore hari. Baik hari kerja maupun akhir pekan. Sebaiknya wisatawan datang pada pagi hari. Mengingat banyaknya tempat wisata dan kawasan wisata yang tersedia di TMII.

Mengingat banyaknya tempat wisata yang ada di TMII, berikut beberapa tempat wisata di Taman Mini yang cukup populer dan sering ramai dikunjungi pengunjung. Wahana tersebut antara lain:

Taman Rekreasi

Ada sembilan taman rekreasi yang wajib dicoba pengunjung saat berlibur di TMII. Kesembilan taman tersebut adalah dua Taman Monumental, empat Taman Flora, lima Taman Fauna dan satu Taman Budaya. Taman monumental ini merupakan lambang APEC dan monumen persahabatan negara-negara nonblok.

Taman flora terdiri dari Taman Kaktus, Legenda Keong Emas, Melati dan Farmasi Kehidupan. Taman Fauna terdiri dari Taman Reptilia, Taman Kupu-Kupu dan Bekisar serta Taman Burung.

Anjungan Daerah

Di TMII terdapat Danau Nusantara di Indonesia, dengan replika mini nusantara di tengahnya. Di setiap pulau terdapat pendopo daerah yang berjejer, melambangkan tiga sila Pancasila.

Selain itu, setiap provinsi memiliki kerajinan tangan, pakaian adat, barang bersejarah, dan perlengkapan seni untuk masing-masing daerah. Tentunya kehadiran wahana seperti ini akan sangat bermanfaat bagi generasi muda untuk memahami keberagaman Indonesia.

Kereta Gantung

image credit : medcom.id

Kendaraan ini merupakan kendaraan favorit pengunjung TMII. Wahana tersebut merupakan mobil gantung yang menjadi pionir kendaraan wisata di Indonesia. Dengan menaiki kereta gantung, pengunjung bisa melihat deretan pulau mini Indonesia dari Sabang hingga Merauke.

Pengunjung dapat dengan jelas melihat pulau-pulau tersebut seolah-olah berada di langit. Selain itu, pengunjung dapat memiliki gambaran yang baik tentang seluruh taman wisata dari empat stasiun berbeda.

Teater IMAX Keong Emas

Bioskop ini merupakan wahana populer dan ikon Taman Mini Indonesia Indah yang sayang untuk dilewatkan. Teater Keong Emas IMAX sangat terkenal karena bentuknya yang seperti keong emas raksasa.

Pengunjung dapat melihat tayangan film dengan kecanggihan teknologi yang mencengangkan. Sinematografi menggunakan proyektor IMAX modern. Oleh karena itu, saat pengunjung menonton film di sini, mereka akan merasakan sensasi yang berbeda dan pasti akan terkenang.

Merinding dan Mengayuh Perahu

Saat berkunjung ke TMII, wisatawan diberi kesempatan untuk mencoba perahu dayung dan angsa. Kedua angkutan air tersebut terletak di danau terkenal TMII Nusantara. Pengunjung dapat berkeliling danau menggunakan mesin angsa dan perahu dayung. Tiket juga terbagi menjadi dua, yaitu tiket manual goose ride dan manual pedal boat.

Bagi pengunjung yang tidak suka bosan mengendarai mobil manual, TMII juga menawarkan tiket angsa mekanik. Wahana ini akan sangat cocok jika Anda mencobanya bersama keluarga. Selain rekreasi, pengunjung dapat menikmati pemandangan danau dan Taman Mini dengan santai. Bagi pengunjung yang ingin menikmati segarnya suasana danau, bisa langsung memesan tiket wahana ini

Taman Burung

Taman burung memiliki bentuk yang unik, yaitu berupa kubah kaca. Taman ini berukuran tidak kurang dari 6 hektar dan memiliki konsep pengaturan pola persebaran burung yang sebenarnya. Terdapat 175 spesies burung di kawasan ini.

Dengan begitu banyak spesies, jumlahnya ribuan. Tentunya rekor ini membuat Taman Burung Mini Park menjadi kolektor belut besar dan belut besar di Indonesia.

Monorel Titihan Samirono

Penasaran ingin mencoba aeromovel atau monorail pertama buatan Indonesia? Sehingga pengunjung yang datang ke Taman Mini wajib mencoba Titihan Samirono yang menjajal sistem SHS-20 Aeromovel Indonesia.

Ini adalah kendaraan yang menggunakan tenaga angin dan memiliki kecepatan 20km/jam. Sedangkan kendaraannya sendiri melaju di atas jembatan yang tingginya 6 meter.

Istana Anak Indonesia

Bangunan berwarna merah ini berbentuk seperti istana raja di negeri dongeng Eropa dan tidak pernah sepi. Terutama pengunjung anak-anak. Pasalnya, bagian Istana Anak Indonesia dibangun khusus untuk menghibur anak-anak.

Di sana, pengunjung akan tertarik dengan fasilitas belajar yang lengkap, terutama untuk anak-anak. Ada alat bantu diatonis, pentatonik, ilmu pengetahuan dan teknologi, dan alat bantu permainan edukatif lainnya yang menyenangkan.

Dunia Air Tawar

Wahana ini merupakan taman biota air tawar terlengkap dan terbesar di Asia, bahkan kedua di dunia. Koleksinya meliputi krustasea, tumbuhan air dan reptil dengan total 6000 individu dari 126 spesies. Taman biota yang luas ini juga didukung dengan beberapa fasilitas penunjang atraksi.

Diantaranya adalah auditorium, perpustakaan, Lorong Gurame, museum, akuarium raksasa, sudut reptil dan ruang karantina.

Tinggalkan Balasan