Kuliner Khas Bandung Berikut Ini Akan Buat Kamu Ketagihan

Kuliner Khas Bandung Berikut Ini Akan Buat Kamu Ketagihan

Kuliner Khas Bandung – Berkunjung ataupun berlibur ke Bandung kurang lengkap rasanya bila tidak menjelajahi kulinernya, Bandung memiliki banyak tempat rekomendasi wisata kuliner yang akan membuat ketagihan. 

Harganya pun bervariasi tergantung dari menu makanan dan tempatnya. Bandung juga menawarkan banyak pilihan wisata kuliner malam yang wajib anda kunjungi. Kuliner malam di Bandung ini pun beragam jenisnya. Mulai dari makanan berat seperti sate kambing, camilan seperti perkedel, hingga minuman hangat seperti ronde. Tempat wisata kuliner Bandung malam hari pun cocok sebagai tempat bersantai menikmati suasana Bandung di malam hari.

Apa saja kuliner khas Bandung yang terkenal ?

Perkedel Bondon

kuliner khas badnung

Perkedel Bondon menjadi kuliner malam legendaris di Bandung. Konon resep perkedel ini merupakan resep turun-temurun yang sangat dirahasiakan. Menurut bahasa Sunda, bondon berarti wanita malam.

Perkedel ini hanya hadir pada malam hari ini diibaratkan seperti kupu-kupu malam yang hanya keluar saat matahari telah tenggelam. Keunikan lain dari perkedel ini adalah adonan perkedel kentang masih digoreng menggunakan tungku tradisional yang memberinya cita rasa khas.

Perkedel Bondon berlokasi di Jalan Kebon Jati No.42, Kebon Jeruk, Bandung. Satu perkedel sekarang dihargai seribu rupiah. Perkedel Bondon sangat nikmat disajikan hangat-hangat dengan cocolan sambal terasi yang menggugah selera.

Sate Hadori

kuliner khas bandung

Sate Hadori Bandung berada di Jalan Stasiun Timur Bandung tak jauh dari Perkedel Bondon. Lokasinya dekat dengan pintu Stasiun Lama Bandung. Kuliner dengan bahan utama daging paha belakang kambing betina muda ini disajikan dengan pilihan bumbu kecap atau bumbu kacang yang gurih nan lezat. Ada pula menu lain seperti sate sapi dan sate sineureut.

Sate Hadori ini ternyata begitu melegenda dan kerap disambangi para petinggi negara termasuk presiden. Sate Hadori telah dirintis sejak tahun 1940. Di sini pengunjung juga bisa melihat pengolahan sate mulai dari pemotongan daging, pembumbuan, hingga pembakaran.

Zona Merah Sukajadi (Bukan Zona Terlarang Bagi yang Kelaparan)

kuliner khas bandung

Disaat tempat makan lain mulai menutup, justru warung makan khas sunda dengan tenda merah menyala ini baru mulai menggeliat. 

Terletak di trotoar pinggir jalan tepat di depan sebuah toko percetakan. Setelah masuk ke dalam, tempat nya tidak begitu istimewa, namun apa yang tersaji di depan mata adalah surga bagi pecinta kuliner.

Banyak aneka makanan yang tersaji dalam jumlah besar seperti aneka ikan, ayam, cumi, jeroan, sate, pepes, sayur, gorengan, tumisan dan masih banyak lagi.  Pengunjung tinggal pilih saja mau makan yang mana. 

Untuk anda yang merasa lapar di malam hari, tenang saja warung makan ini buka hingga jam 04:00 subuh setiap harinya. 

Ronde Alkateri

Wisata kuliner malam Bandung tak lengkap dengan minuman hangat. Wedang Ronde Alkateri ini bisa sambangi di Jalan Alkateri Bandung saat malam hari. Lokasinya berada di dekat alun-alun Kota Bandung, cocok bagi Anda yang bersantai menikmati indahnya kota Bandung.

Ronde Alkateri terdiri dari perpaduan hangat jahe dan manisnya gula jawa, ditambah bulatan ronde hangat yang kenyal dengan isian kacang tanah yang gurih dan renyah di mulut. Ronde ini bahkan menjadi ronde paling legendaris di Bandung dengan banyak penggemar. Ronde Alkateri cocok untuk menemani bersantai diantara dinginnya kota Bandung.

Nasi Kalong

Sesuai namanya, rumah makan ini buka dari jam 19.00 sampai jam 03.00 dini hari. Nasi kalong merupakan nasi berwarna hitam yang terbuat dari nasi merah dan dimasak dengan campuran kluwek.

Nasi kemudian ditambahkan bumbu rempah yang memperkaya cita rasa. Nasinya yang gurih dan enak ini bahkan tetap nikmat meski disantap tanpa lauk.

Nasi Kalong ini bisa dinikmati dengan lauk seperti Ayam Bakar Madu hingga aneka sambal menggoyang lidah. Nasi Kalong ini bertempat di Jalan RE Martadinata (Riau) No 102 Bandung, Jawa Barat.

Rumah makan ini juga menyediakan banyak menu makanan khas Sunda yang disajikan secara prasmanan. Ada sekitar 20 jenis sajian disajikan yang dapat dipilih sesuai selera.

Tinggalkan Balasan

Close Menu