You are currently viewing Kampung Dago Pojok, Kampung Kreatif yang Viral di Bandung

Kampung Dago Pojok, Kampung Kreatif yang Viral di Bandung

Kampung Dago Pojok – Bandung telah lama diketahui untuk kota yang dipenuhi orang-orang kreatif. Tidak ada 1 pun pojok Paris van Java yang lepas dari sentuhan seni.

Daerah Dago Sudut juga demikian, serta daerah yang dahulunya pernah terlewatkan itu sekarang jadi salah satunya wisata favorit.

Daerah Dago Sudut dapat disebut adalah 1 lagi bukti riil begitu kreatifnya masyarakat Bandung.

Bermula dari kemauan untuk maju, masyarakat daerah sekitar bersatu membuat rumah mereka mempunyai nilai plus di mata wisatawan. Hasilnya, pengunjung sekarang terus ramai banyak yang datang.

Tempat Daerah Kampung Wisata Kreatif Dago Pojok yang terdapat di Jl. Dago Pojok Kelurahan Dago Kecamatan Coblong Kota Bandung ini digagas oleh Rahmat Jabaril, salah satu masyarakat di tempat yang peduli akan lingkungan rumahnya. 

Dengan bantuan Pemerintah kota Bandung serta Dinas Kebudayaan serta Pariwisata Kota Bandung, pada akhirnya Daerah Wisata Kreatif Dago Pojok bisa diketahui dengan cara perlahan-lahan serta jadi salah satunya tujuan wisata kesenian untuk beberapa wisatawan.

Kampung Dago Pojok

Dibawah ini adalah sarana yang ada di Kampung Wisata Kreatif Dago Pojok :

1. Spot Seni Mural

Spot seni mural ialah spot penting dalam daerah rekreasi Dago Pojok. Tiap pojok dingin rumah warga dipenuhi oleh bermacam lukisan mural sebagai spot photo artistik serta antik. 

Makna dari kesenian mural sendiri adalah seni gambar yang memakai bagian dinding atau tembok atau media luas yang lain yang berbentuk permanen. 

Baca Juga : Merasakan Keseruan Kawah Rengganis Bandung

Dalam kata lain seni mural adalah melukis pada dinding. Kata mural sendiri berawal dari bahasa latin, yakni kata ” murus “. Kata itu memiliki makna dinding.

Seni mural termasuk ke seni kuno yang lahir pada saat prasejarah. Hal itu ditunjukkan adanya penemuan satu lukisan pada dinding gua Lascaux, wilayah Perancis Selatan. 

Lukisan itu dibikin dengan memakai sari buah. Seniman mural yang paling populer di dunia ialah Pablo Picasso. Beliau adalah salah satunya seniman dunia pada saat Renaissance. Sekarang perubahan seni mural benar-benar cepat. 

Walau sebenarnya awalnya ketenaran dari seni rupa pernah tergeser dari seni musik yang membuat musisi dunia, terutamanya Hollywood serta Korea. Seni mural juga banyak digunakan untuk kebutuhan usaha, seperti pariwisata daerah rekreasi Dago Pojok, Kafe sampai restoran.

2. Panduan Membuat Lukisan Mural

Selain hunting photo di tiap pojok daerah yang dipenuhi oleh lukisan mural, pengunjung juga berpeluang untuk bikin lukisan mural sendiri.

Pengunjung akan ditemani dengan cara langsung oleh warga ditempat yang disebut seniman mural ditempat. 

Disamping itu akan memperoleh wacana luas mengenai seni mural dan langkah memperbedakannya dengan grafiti. Ke-2 tipe seni rupa itu memang memakai dinding untuk bagian penting. 

Untuk grafiti lukisan dinding yang memiliki kandungan rangkaian kaca serta arah spesifik. Sedang mural adalah seni gambar seperti lukisan biasanya, namun memakai media dinding.

3. Workshop

Di daerah kampung Dago Pojok diselenggarakan Workshop dengan cara teratur. Nara sumber dari Workshop itu ialah seniman terkenal, terutamanya tanah air. 

Dalam workshop itu akan diulas serta dibahas dengan cara detail tentang pemahaman seni dan perubahan seni dari seni classic sampai kontemporer.

Kampung Dago Pojok

4. Panggung Seni

Selain diselenggarakan workshops dengan cara teratur, pengunjung akan disuguhi dengan panggung seni budaya yang berkualitas. 

Beberapa dari panggung seni yang disuguhi adalah seni tradisional. Bukan sekedar seni tradisional ciri khas Jawa Barat, tetapi seni tradisional wilayah lain. 

Contohnya seni tari Jaipongan, seni wayang, Reog, Kacapi Suling, Celempungan, Calung, Gondang, Tarawangsa serta lain – lain. Tidak cuma seni pementasan, tetapi pengunjung akan disuguhi dengan atraksi dolanan tradisional. 

Dengan atraksi dolanan, pengunjung akan mengenali permainan anak – anak pada masa lampau yang sudah dibiarkan serta ditukar dengan permainan kekinian seperti games.

Atraksi yang lain disuguhi adalah seni bela diri ciri khas Indonesia yakni pencak silat. Hal yang menarik dari pencak silat ialah 1 – satunya seni tradisional yang dilestarikan sampai sekarang.

Serta peminat dari pencak silat lumayan banyak, serta remaja kekinian juga tertarik masuk ke dunia pencak silat.

5. Wisata Kulineran Serta Souvenir

Di daerah rekreasi itu ada rumah makan tradisional yang menyediakan menu ciri khas sunda. Harga 1 bagian benar-benar dapat dijangkau. Lalu pengunjung juga bisa mengumpulkan souvenir ciri khas daerah wisata Dago Pojok.

Tinggalkan Balasan