You are currently viewing 5 Tempat Wisata Favorit di Semarang
image credit : liputan6.com

5 Tempat Wisata Favorit di Semarang

5 Tempat Wisata Favorit di Semarang – Di balik hiruk pikuk kota, Semarang ternyata memiliki banyak tempat wisata yang layak untuk dikunjungi. Mulai dari wisata sejarah, budaya, alam hingga religi. Bagaimanapun, lengkap! Di mana tempat wisata paling populer di Semarang? Nah ini dia daftarnya :

Kota Lama Semarang

Jika Anda berwisata ke kota Semarang, jangan lupa untuk pergi ke kota lama Semarang. Kota Lama merupakan situs cagar budaya dengan bangunan tua bersejarah dari Hindia Belanda. Saat itu daerah ini merupakan pusat pemerintahan. Oleh karena itu, bangunan di kawasan ini sangat kental dengan nuansa Eropa.

Beberapa kawasan yang ramai dikunjungi wisatawan adalah Taman Srigunting, Gedung Mpu Tantular Bank Mandiri, Gereja Blenduk, Gedung Akar Samping, Galeri Seni Semarang dan lain-lain. Pengunjung dapat menjelajahi Kota Lama Semarang dengan bersepeda atau berjalan kaki. Apalagi pada malam hari di akhir pekan, wisatawan bisa menikmati Car Free Night di sisi Jalan Letjen Suprapto.

Grand Maerakaca

Grand Maerakaca bisa disebut TMII Jawa Tengah. Salah satu tempat wisata di Semarang bernama Puri Maerakaca atau Puri Maerokoco. Wisatawan bisa langsung menuju Jalan Puri Anjasmoro, Tawangsari, Semarang Barat untuk berkunjung. Tempat ini memiliki lebih dari 30 replika rumah adat dari berbagai kelurahan/kota di Jawa Tengah.

Selain itu, juga ditampilkan replika dan miniatur bangunan dari masing-masing daerah. Lalu ada juga berbagai wahana pendidikan. Anak-anak dapat melakukan karyawisata atau kunjungan sekolah. Beberapa kegiatan untuk anak-anak antara lain menjelajahi Pusat Sains Jawa Tengah dan berkebun.

Lawang Sewu Semarang

Lawang Sewu terletak di kawasan Tugu Muda Semarang. Di dekatnya juga terdapat beberapa tempat wisata lainnya seperti Gereja Katedral dan Museum Perjuangan Mandala Bhakti. Saat ini, Lawang Sewu menjadi tempat wisata sejarah di Semarang dan menjadi spot foto yang menarik. Sedangkan bangunannya merupakan museum untuk memajang koleksi sejarah perkeretaapian di tanah air.

Yang paling menarik adalah Gudang Lawang Sewu yang disebut-sebut sebagai penjara bawah tanah dan tempat penyiksaan pada masa penjajahan. Namun dalam beberapa tahun terakhir, penjara bawah tanah telah ditutup untuk umum. Alasannya adalah keamanan dan menghindari bias sejarah.

Pagoda Avalokitesvara

Bangunan ini memiliki tujuh lantai, masing-masing lantai memiliki empat patung Dewi Kwan Im. Patung itu menghadap ke empat arah mata angin. Klenteng yang berdiri sejak tahun 2005 ini terletak di Jalan Perintis Kemerdekaan, Pudak Payung, Banyumanik, Semarang.

Bangunan berarsitektur khas China ini bisa menjadi salah satu area foto cantik saat liburan ke Semarang. Elemen dalam bangunan seperti keramik, tangga, kolam naga, ornamen, lampu naga, burung phoenix, air terjun naga dan patung lilin didatangkan langsung dari China.

Wisata Watu Gunung

Watu Gunung adalah pemandian yang penuh dengan nuansa tradisional Jawa. Tempat ini terletak di Jalan Srikandi Raya, No. 1, Desa Lerep, Kecamatan Ungaran Barat, Semarang. Ada 3 pilihan kolam untuk pengunjung, dengan kolam terdalam hanya sekitar 120 sentimeter.

Tidak hanya berenang, wisatawan juga bisa bersantai dengan perahu di sekitar Danau Batu. Di sekitar kolam juga terdapat beberapa pondok tradisional Jawa. Suasana yang tenang dan sejuk sangat cocok untuk dikunjungi jika Anda bosan dengan kebisingan kota.

Tinggalkan Balasan